5.19.2010

Belajar Gitar Bass

1. Gitar dan Bagian-bagiannya
    Instrumen gitar elektrik sangat populer di kalangan kelompok musik rock dan pop. Instrumen ini dikembangkan dari instrumen gitar klasik. Di dalam gitar elektrik vibrasi senarnya dibantu dengan peralatan elektronik dan peralatan soundsystem sehingga efek suaranya dapat lebih keras.


[[Image:Aaahs.jpg|center]]2. Cara MenyetemGitar
    Nama dan posisi senar gitar dalam fretboard, untuk senar open string


[[Image:Aaaht.jpg|center]]    General tuning langkah ke 1 dapat dilakukan dengan: (1) melaraskan senar ke 1 menurut nada E; (2) tekan fret ke V senar ke 2; (3) petik senar ke 1 tanpa ditekan; (4) ; selaraskan nada kedua senar tersebut (5) periksa harmonic tuning dengan cara menyentuh senar B pada fret ke XII; (6) bandingkan dengan fret ke VII senar ke 1.


[[Image:Aaahu.jpg|center]]    General tuning langkah ke 2 dapat dilakukan dengan: (1) tekan fret ke IX senar ke 3; (2) petik senar ke 1 tanpa ditekan; (3) selaraskan nada kedua senar tersebut; (4) periksa harmonic tuning dengan cara menyentuh senar G fret XII dan menekan senar E fret ke III.


[[Image:Aaahv.jpg|center]]    General tuning langkah ke 3 dapat dilakukan dengan: (1) tekan fret ke IX senar ke 4; (2) petik senar ke 2 tanpa di tekan; (3) selaraskan nada kedua senar tersebut; (4) periksa harmonic tuning dengan cara menyentuh senar D fret ke XII dan menekan senar B fret ke III.


[[Image:Aaahw.jpg|center]]   General tuning langkah ke 4 dapat dilakukan dengan cara: (1) tekan fret ke V senar ke 5; (2) petik senar ke 4 tanpa di tekan; (3) selaraskan nada kedua senar tersebut; (4) periksa harmonic tuning dengan cara menyentuh senar A fret ke XII dan menekan G fret ke II.


[[Image:Aaahx.jpg|center]]    General tuning langkah ke 5 dapat dilakukan dengan; (1) tekan fret ke X senar ke 6; (2) petik senar ke 5 tanpa di tekan; (3) selaraskan kedua nada tersebut; (4) periksa harmonic tuning dengan cara menyentuh senar A fret ke XII dan menekan senar D fret ke II.


[[Image:Aaahy.jpg|center]]    General tuning langkah ke 6 dapat dilakukan dengan; (1) petik senar ke 6 tanpa ditekan; (2) petik senar ke 1 tanpa ditekan; (3) selaraskan ke dua nada tersebut.
2.2 Quick tuning
     Quick tuning merupakan teknik penyeteman gitar secara cepat apabila terjadi penurunan nada pada senar gitar. Quick tuning langkah ke 1 dapat dilakukan dengan cara tekan fret V senar ke 2, dan bandingkan dengan senar ke 1 tanpa ditekan.


[[Image:Aaaid.jpg|center]]    Quick tuning langkah ke 2 dapat dilakukan dengan cara tekan fret IX senar ke 3 dan bandingkan dengan senar ke 1 tanpa ditekan.


[[Image:Aaaie.jpg|center]]    Quick tuning langkah ke 3 dapat dilakukan dengan cara tekan fret IX senar ke 4 bandingkan dengan senar ke 2 tanpa ditekan.


[[Image:Aaaif.jpg|center]]    Quick tuning langkah ke 3 dapat dilakukan dengan cara tekan fret X senar ke 5 bandingkan dengan senar ke 3 tanpa ditekan.


[[Image:Aaaig.jpg|center]]   Quick tuning langkah ke 3 dapat dilakukan dengan cara tekan fret X senar ke 6 bandingkan dengan senar ke 4 tanpa ditekan.


[[Image:Aaaih.jpg|center]]2.3 Harmonic Tuning
     Harmonic tuning dapat dilakukan dengan cara: (1) sentuh senar ke 2 tepat di atas fret ke 5 menggunakan jari telunjuk; (2) sentuh senar ke 1 tepat diatas fret ke 7 dengan jari manis; (3) petik senar ke 2 lalu senar ke 1; (4) selaraskan nada ke dua senar tersebut. Harmonic tuning juga dapat dilakukan dengan cara yang sama pada senar ke 4 dan ke 3 pada posisi fret yang sama, demikian juga pada senar ke 5 dan ke 4, senar ke 6 dan ke 5. Terakhir selaraskan senar ke 6 fret ke VII dengan senar ke 2 fret ke XII.
3. Latihan Penjarian
    Empat jari tangan kiri digunakan untuk menekan senar pada papan nada (fretboard), kemudian ibu jari digunakan untuk menahan leher gitar bagian belakang. Simbol jari tangan kiri adalah sebagai berikut :


[[Image:Aaaii.jpg|center]]    Jari tangan kanan digunakan untuk memetik senar, ibu jari digunakan untuk memetik bass dalam teknik memainkan gitar akustik sedangkan dalam teknik memainkan gitar elektrik jari jari tangan kanan digunakan untuk memegang plektrum dengan simbol sebagai berikut :


[[Image:Aaaij.jpg|center]]4. Latihan Teknik Memetik Gitar
4.1 Latihan memetik gitar dengan jari


[[Image:Aaaik.jpg|center]]4.2 Latihan memetik gitar dengan menggunakan plektrum
4.3


[[Image:Aaail.jpg|center]]5. Latihan dengan Tablatur
   Tablatur (TAB) adalah diagram yang menggambarkan keberadaan senar gitar dengan simbol angka yang menunjukkan fret yang ditekan. Tablatur dipakai untuk penulisan gitar elektrik dan diletakkan di bawah notasi balok.


[[Image:Aaaim.jpg|center]]                                          dibaca : senar yang dimainkan adalah senar ke 2 fret ke 1 posisi jari 1
6. Latihan Tangga Nada
    Senar ke 1 atau senar paling kecil pada diagram terletak pada posisi paling atas.


[[Image:Aaain.jpg|center]]    Secara umum ke enam senar yang ada pada gitar dapat dimainkan sebagai tangga nada diatonis.
5.1 Senar E sebagai tangga nada E Mayor


[[Image:Aaaio.jpg|center]][[Image:Aaaip.jpg|center]][[Image:Aaaiq.jpg|center]]7. Latihan Teknik Memainkan Gitar Akustik
   Dalam bermain gitar akustik kita harus mempertimbangkan sikap atau tata cara bermain agar lagu-lagu yang kita bawakan dapat berhasil dengan baik. Oleh karena itu dalam bermain gitar usahakan dengan sebaik-baiknya posisi tangan kiri dan tangan kanan agar dapat bergerak sebebas mungkin, serta menggunakan foot stool yang harus berada didepan tempat kursi untuk menaruh telapak kaki kiri.


[[Image:Aaair.jpg|center]][[Image:Aaais.jpg|center]]4.1.1 Latihan jari tangan kiri
        Latihan ini bertujuan untuk memperkuat otot-otot jari tangan kiri, dengan cara letakkan jari 1 tangan kiri dibelakang fret V pada senar 6, jari 2 belakang fret VI, jari 3 dibelakang fret VII serta jari 4 dibelakang fret 8, seperti dalam gambar berikut.


[[Image:Aaait.jpg|center]]      Kemudian pindahkan jari 1 ke senar 5 pada posisi fret yang sama, tanpa merubah posisi jari 2, 3 dan 4. pindahkan pula jari 2, 3 dan 4 ke senar 5 pada posisi fret yang sama.


[[Image:Aaaiu.jpg|center]]     Ulangi latihan tersebut sampai ke senar 1. Setelah sampai senar 1 latihlah dengan gerak keatas, tetapi latihan dimulai dari jari ke 4 kemudian disusul jari 3, 2 dan 1. Dalam melakukan latihan ini, ibu jari jangan menekan terlalu kuat, usahakan untuk ikut bergerak keatas dan kebawah sesuai dengan gerakan jari-jari. Letak ibu jari dibelakang leher gitar posisikan untuk berhadapan dengan jari 2.
4.1.2 Latihan jari tangan kanan
        Memetik senar gitar dengan jari tangan kanan
a. Petikan apoyando (rest stroke) yaitu memetik senar dengan menyandarkan jari pada senar sebelahnya setelah jari tersebut memetik senar yang dimaksud. Cara ini juga sering dikenal dengan petikan bersandar. Petikan ini adalah petikan yang paling dasar dan paling berguna dalam permainan gitar terutama untuk nadanada solo.


[[Image:Aaaiv.jpg|center]]sesudah petikan, jari bersandar pada senar terdekat searah petikan.
- Latihan petikan apoyando dengan senar 1 terbuka Petiklah senar 1 dengan jari i setelah selesai jari i harus bersandar pada senar 2 terbuka. kemudian hal serupa lakukan untuk jari m , sambil memainkan nada dengan jari m, dengan waktu yang sama naikkan jari i sehingga terlepas darin senar. Apabila dilihat dari samping pergantian kedua jari tersebut memberikan kesan seperti sepasang kaki yang sedang berjalan. Ulangi latihan tersebut dengan petikan yang sama, tetapi dengan senar yang berbeda yaitu senar 2, 3, 4 dan 5 dengan variasi jari i m, i a dan m a secara berganti-ganti.
b. Petikan tirando (free stroke) yaitu memetik senar dengan tidak menyandar senar lainnya setelah jari memetik senar yang dimakksud. Cara ini sering disebut juga sebagai petik hindar, karena jari-jari disini tidak boleh bersandar. Jari memetik senar tanpa mengenai senar lain. Jenis petikan ini adalah petikan yang digunakan untuk memainkan akor-akor atau arpeggio. Lihat gambar berikut :


[[Image:Aaaiw.jpg|center]]Mainkan latihan- latihan berikut dengan teknik petikan apoyando Latihan 1


[[Image:Aaaix.jpg|center]][[Image:Aaaiy.jpg|center]][[Image:Aaaiz.jpg|center]]4.1.3 Latihan jari tangan kiri dan tangan kanan
        Mainkan latihan-latihan dibawah ini dengan sesering mungkin. Mulailah latihan dengan tempo lambat terlebih dahulu, kemudian tempo sedang dan tempo cepat.


[[Image:Aaaja.jpg|center]]


tempatkan jari 1 pada fret I, kemudian petiklah dengan jari i
tempatkan jari 2 pada fret II, kemudian petiklah dengan jari m
tempatkan jari 3 pada fret III, kemudian petiklah dengan jari i
tempatkan jari 4 pada fret IV, kemudian petiklah dengan jari m


[[Image:Aaajb.jpg|center]][[Image:Aaajc.jpg|center]]lakukan hal serupa sampai jari 4 berada pada fret XII, kemudian mainkan kebalikannya dengan cara :
tempatkan jari 4 pada fret XII, kemudian petiklah dengan jari i
tempatkan jari 3 pada fret XI, kemudian petiklah dengan jari m
tempatkan jari 2 pada fret X, kemudian petiklah dengan jari i
tempatkan jari 1 pada fret IX, kemudian petiklah dengan jari m
perhatikan diagram berikut :


[[Image:Aaajd.jpg|center]]kemudian bergantilah posisi dengan maju satu fret
tempatkan jari 4 pada fret XI, kemudian petiklah dengan jari i
tempatkan jari 3 pada fret X, kemudian petiklah dengan jari m
tempatkan jari 2 pada fret IX, kemudian petiklah dengan jari i
tempatkan jari 1 pada fret VIII, kemudian petiklah dengan jari m


[[Image:Aaaje.jpg|center]]    Dengan memahami latihan tersebut, dapat dilatih pada seluruh senar dari senar 1 sampai dengan senar 6. Mainkan latihan ini dengan kedua macam teknik petikan yaitu apoyando dan tirando.
4.2 Teknik arpegio
      Arpeggio adalah cara memainkan akor dengan tidak sekaligus melainkan satu persatu. Mainkan latihan berikut dengan memperhatikan tangkai not, tangkai not kebawah selalu dimainkan dengan ibu jari (p), dengan formasi p-i-m, kemudian dicoba pula formasi p-m-a. Mainkan latihan-latihan berikut dengan petikan tirando
Latihan 1
[[Image:Aaajf.jpg|center]]4.3 Latihan Teknik Memainkan Gitar Elektrik
     Sebelum memainkan gitar elektrik perlu mengetahui proses kerja gitar. Gitar elektrik adalah gitar yang sumber suaranya didapat melului pick up yang mengubah getaran senar menjadi sinyal listrik, kemudian diperkuat dan diubah menjadi bunyi melalui amplifier atau penguat suara. Dalam memainkan gitar elektrik selalu dilengkapi sound effect untuk mendapatkan karakter suara lain yang tidak tersedia pada amplifier gitar , seperti chorus, distorsi, overdrive, flanger, delay, tremolo dan reverb. Dengan cara knob input effect guitar dihubungkan gitar dan output dari effect guitar dihubungkan amplifier.


[[Image:aaajg.jpg|center]]- Volume untuk mengatur keras lirihnya suara
- Bass berfungsi untuk menambah atau mengurangi respon frekuensi rendah.


- Treble berfungsi untuk menambah suara menjadi lebih tinggi atau membuat effect tajam.
- Midle berfungsi merubah effect treble dan bass
- Drive/distortion untuk mendapatkan suara diperoleh dengan memutar gain levelnya.
- Reverb untuk mendapatkan efek gema seperti suara ruangan, hall dan lain-lain.


[[Image:aaajh.jpg|center]]- Effect send dan return, apabila kita ingin menggunakan extertnal effet. untuk mendapatkannya, knob send kita sambungkan ke input dari effect yang digunakan. Dan pada tombol return kita sambungkan ke ouput effect yang digunakan. Kelebihan menggunakan fasilitas ini adalah mengoptimalkan kemampuan dari effect gitar dan kemampuan dari amplifier gitar.


4.4 Latihan Memetik Gitar Elektrik dengan Plektrum
     Plektrum merupakan alat bantu tangan untuk memetik senar gitar elektrik, pada umumnya plektrum dimainkan tangan kanan. Cara ini lebih akrab digunakan dalam permainan gitar elektrik. Ada tiga jenis plektrum gitar elektrik yaitu :


[[Image:aaaji.jpg|center]]                                                                              Gambar 42 : jenis -jenis pick
Heavy : jenis ini sangat baik untuk teknik pick harmoni, memiliki ketebalan berkisar 2.00 – 3.00 mm.
Medium : jenis ini sangat cocok untuk permainan nada-nada tunggal atau melodi, pick ini mempunyai ketebalan kurang lebih 1.0 mm.
Thin : jenis pick ini sangat cocok untuk melakukan resquendo atau kocokan, memiliki ketebalan kurang dari 0,9 mm


[[Image:aaajj.jpg|center]]4.4.1 Latiham Memetik Gitar Elektrik dengan Alternate Picking
        Aternate picking merupakan teknik menggerakkan plektrum secara naik turun. Adapun simbol gerak arah gerakan plektrum sebagai berikut :


[[Image:aaajk.jpg|center]]4.4.2 Latihan Memetik Gitar Elektrik dengan Sweep Picking
        Sweep picking merupakan teknik petikan gitar dengan gerakan plektrum searah yaitu turun saat descending dan naik saat ascending. Dalam praktiknya sweep picking sering digunakan untuk memainkan teknik arpeggio, jadi dalam hal ini not tidak dipetik satu per satu melainkan dengan menggerakkan plektrum secara up down. Semua latihan ada di bawah ini, mengarah pada teknik menggunakan plektrum agar jari tangan kanan terbiasa dengan gerakan plektrum, karena sweep picking penting bagi pengembangan kecepatan bermain gitar elektrik.


Mainkan latihan berikut dimulai dari tempo lambat kemudian cepat




































































[[Category:SMK_Kelas_11.2|Category:SMK_Kelas_11.2]]

1 komentar:

  1. Salam Kenal...
    bagi yg ingin belajar gitar secara lengkap dan mendownload pelajaran Gitar Pemula, Blues, Jazz dlm Bhs. Indonesia silahkan kunjungi www.gitarzoom.blogspot.com
    trimakasih

    BalasHapus