1.15.2010

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN MODUL 3 (DESAIN SISTEM SECARA UMUM)

EVALUASI : MODUL 3 (DESAIN SISTEM SECARA UMUM) 25 Desember 2009
KELOMPOK : III
RENY MARISSA
SEPTINI
TRI ROHANINGSIH
RIKESIA ELDRIA YEZI
NURIYAH FATKHUL JANNAH
TINTUS ARIANTO WIBOWO
MK : SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
JURUSAN : D3 MANAJEMEN INFORMATIKA FMIPA UNRI


Soal :
1. Jelaskan arti dari desain sistem !
2. Jelaskan maksud dan tujuan dari desain sistem !
3. Jelaskan tujuan dari desain sistem secara umum !
4. Langkah-langkah apa saja yang dapat dilakukan pada saat desain output secara umum ? jelaskan !
5. Sebutkan dan jelaskan tahapan-tahapan proses dari input !
6. Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah desain input secara umum !
7. Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah desain database secara umum !
8. Sabutaka dan jelaskan langkah-langkah desain teknologi secara umum !
9. Jelaskan secara singkat jenis-jenis pengendalian secara umum !
10. Jelaskan secara singkat tekanan-tekanan dasain yang nantinya mempengaruhi kerja sistem apabila telah selesai !

Penyalasaian :

1. Desain sistem dapat diartikan sebagai berikut :
a. Tahap setelah analisis dari siklus pengembangan sistem
b. Pendefinisian dari kebutuhan-kebutuhan fungsional
c. Persiapan untuk rancang bangun implementasi
d. Menggambarkan bagaimana suatu sistem dibentuk
e. Sistem dibentuk dapat berupa penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi
f. Termasuk menyangakut mengkonfigurasi dari komponen-komponen perangkat lunak dan perangkat keras dari suatu sistem.

2. Tahap desain sistem mempunyai dua maksud atau tujuan utama, yaitu sebagai berikut :
- Untuk memenuhi kebutuhan kepada pemakai sistem
- Untuk memberikan gambaran yang jelas dan rancang bangun yang lengkap kepada pemrogran komputer dan ahli-ahli teknik lainnya yang terlibat.

3. Tujuan desain sistem secar umum adalah untuk memberikan gambaran secara umum kepada user tentang sistem yang baru. Desain sistem secara umum merupa-
kan persiapan dari desain terperinci. Desain secara umum mengidentifikasikan komponen-komponen sistem informasi yang akan didesain secara umum.

4. Langkah-langkah desain output secara umum :
1) Menentukan kebutuhan output dari sistem baru, maksudnya output yang akan didesain dapat ditentukan dari diagram arus data, DAD, sistem baru yang telah dibuat. Output di DAD ditunjukkan oleh arus data sari suatu proses ke kesatuan luar atau dari suatu proses ke proses lainnya.
2) Menentukan parameter dari output, maksudnya setelah output-output yang akan didesain telah dapat ditentukan, maka parameter dari output selanjutnya juga dapat ditentukan. Parameter ini meliputi tipe dari output, formatnya, media yang digunakan, jumlaah tembusannya, distribusinya dan periode output.

5. Tahapan-tahapan proses input :
1) Penangkapan data (data capture), merupakan proses mencatat kejadian nyata yang terjadi akibat transaksi yang dilakukan oleh organisasi ke dalam dokumen dasar. Dokumen dasar merupakan bukti transaksi.
2) Enyiapan data (data preparation), yaitu mengubah data yang telah ditangkap ke dalam bentuk yang dapat dibaca oleh mesin (machine readable form, misalnya kartu plong, pita magnetic atau disk magnetic)
3) Pemasukan data (data entry), merupakan proses membacakan atau memasukkan data ke dalam komputer.

6. Langkah-angkah desain input secara umum :
1) Menentukan kebutuhan input dari sistem baru, input yang akan didesain dapat dientukan dari DADsitem baru yang telah dibuat. Input di DAD ditunjukkan oleh arus data dari suatu kesatuan luar ke suatu proses dan bentuk tampilan input di alat input yang ditunjukkan oleh suatu proses memasukkan data.
2) Menentukan parameter dari input. Setelah input-input yang akan didesain telah dapat ditentukan, maka parameter dari input selanjutnya juga dapat ditentukan. Pramter ini meliputi :
- Bentuk dari input, dokumen dasar atau isian si alat input (dialog layar terminal)
- Sumber input
- Jumlah tembusan untuk input berupa dokumen dasar dan distribusinya
- Alat input yang digunakan
- Volume input
- Periode input

7. Langkah-langkah desain database secara umum adalah sebagai berikut :
1) Menetukan kebutuhan file darabase umtuk sistem baru, file yang dibutuhkan dapat ditentukan dari DAD sistem baru yang telah dibuat
2) Menentukan parameter dari file database, setelah file-file yang dibutuhkan telah dapat ditentukan, maka parameter dari filfe selanjutnya juga dapat ditentukan. Parameter ini meliputi :
- Tipe dari file : file induk, file transaksi, file sementara dan lain sabagainya
- Media file : hard disk, diskette atau pita magnetic
- Organisasi dari file : apakah file tradisional (file urut, ISAM atau file akses langsung) atau organisasi database (struktur berjenjang jaringan atau hubungan)
- Field kunci dari file.

8. Langkah-langkah desain teknologi secara umum :
a. Menentukan jenis teknologi untuk sistem baru. Untuk teknologi perangkat keras, analis sistem harus menentukan terlebih dahulu peralatan apa yang akan digunakan dimasing-masing proses dalam sistem informasi. Untuk perangkat lunak, analis sistem dapat menentukan terlebih dahulu jenis kebutuhan dari sistem software dan application software.
b. Menentukan jumlah dari teknologi. Untuk perangkat keras, jumlah dari teknologi dapat ditentukan dari waktu yang tersedia dan waktu standar masing-masing operasi yang akan menggunakan teknologi ini. Untuk perangkat lunak, jumlah dari teknologi ini dapat ditentukan dari jumlah perangkat keras yang dibutuhkan.

9. Jenis-jenis pengendalian secara umum :
a. Pengendalian organisasi, pengendalian ini dapat dilakukan dengan cara melakukan pemisahan tugas (segreration of duties) dan pemisahan tanggungjawab (sefreration of responsibilities) yang tegas.
b. Pengendalian dokumentasi
c. Pengendalian perangkat keras, merupakan pengendalian yang sudah dipasang di dalam komputer itu (built in) oleh pabrik pembuatnya. Gunanya untuk mendeteksi kesalahan atau tidak berfungsinya perangkat keras.
d. Pengendalian keamanan fisik, perlu dilakukan untuk menjaga keamanan terhadap perangkat keras, perangkat lunak dan manusia di dalam perusahaan.
e. Pengendalian keamanan data. Menjaga integritas dan keamanan data merupakan pencagahan terhadap data yang tersimpan di simpananluar supaya tidak hilang, rusak dan tidak di akses oleh orang yang tidak berhak. Caranya : dipergunakan data log, proteksi file, pembatasan pengaksesan, dan data backup dan recovery.
f. Pengendalian komunikasi, jika sistem informasi menggunakan suatu network komunikasi untuk mentransmisikan data dari satu tempat ke tempat lain, analis sistem harus memikirkan pengendalian untuk ini. Gunanya untuk menangani kesalahan selama proses mentransmisikan dan menjaga keamanan dari pengiriman data.

10. Tekanan-tekanan desain :
a. Integrasi (integration)
Sistem informasi harus didesain terpadu diantara unit-unit di dalamorganisasi. Integrasi ini perlu karena organisasi harus dipandang sebagai satu kesatuan unit sistem. Sasaran dari sistem informasi adalah untuk menyediakan informasi multilevel, cross functional, tepat waktu, akurat, relevan kepada semua komponen organisasi.
b. Jalur pemakai/sistem (user/system interface)
Jalur ini terdiri dari layar terminal, keyboard, alat-alat lainnya, bahasa komputer dan cara-cara lain supaya user dapat bertukar input dan output dengan mesin.
c. Tantangan-tantangan persaingan
d. Kualitas dan kegunaan informasi
Sistem informasi harus dapat menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu tepat pada waktunya (timely), tepat nilainya (accurate) dan relevan (relevance).
e. Kebutuhan-kebutuhan sistem
- Keandalan (reliability), menunjukkan seberapa besar sistem dapat diandalkan untuk melakukan suatu proses yang dapat dipercaya dan dibuthkan
- Ketersediaan (availability), berarti bahwa sistem mudah diakses oleh user
- Keluwesan (flexibility), menunjukkan bahwa sistem mudah beradaptsi dengan memuaskan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan user yang berubah
- Skedul instalasi. Terdiri dari periode waktu antara saat organisasi sadar untuk membutuhkan dan saat sistem informasi ini diterapkan. Selama waktu itu, analis sistem harus dapat mendesain sistem terbaik dalam batas waktu yang dibutuhkan.
- Umur diharapkan dan potensi pertumbuhan (life expectancy and growth potential)
- Kemudahan dipelihara (maintainability). Setelah sistem diterapkan maka sistem harus dipelihara (misalnya hal-hal yang tidak berfungsi harus dikoreksi, permintaan-permintaan khusus harus dipertemukan dan peningkatan-peningkatan sistem secara umum harus dilakukan)
f. Kebutuhan-kebutuhan pengolahan data
- Volume, menunjukkan volume data yang terlibat dalam pengolahan data.
- Hambatan waktu pengolahan, menunjukkan jumlah dari waktu yang diijinkan atau yang dapat diterima saat data siap diproses sampai informasi dihasilakn.
- Permintaan perhitungan, merupakan model-model matematik yang harus diterapkan (misalnya pemrograman linier) sehingga informasi dapat dihasilkan sesuai dengan yang diinginkan oleh user.
g. Factor-faktor organisasi
Ada 5 faktor-faktor organisasi yang harus dipertimbangakan dalam desain sistem, yaitu :
- Sifat organisasi
- Tipe organisasi
- Ukuran organisasi
- Struktur organisasi
- Gaya manajemen ( management style)
h. Kebutuhan-kebutuhan biaya-efektifitas
Suatu sistem informasi dikembangkan dengan biaya yang tidak sedikit. Suatu organisasi mengembangkan sistem informasi bukan hanya menginginkan mendapatkan fisik dari sistem informasi itu saja, tetapi lebih dari itu yaitu informasi yang dihasilkan darinya. Dengan demikian desain sistem informasi perlu dipertimbangkan antara biaya untuk memperolehnya dengan menfaat informasi yang dihasilkan.
i. Factor-faktor manusia
Sistem informasi harus dapat bersahabat dengan semua pemakainya, tidak sebaliknya menyulitkan pemakai.
j. Kebutuhan-kebutuhan kelayakan
Terdapat 5 kelayakan yang harus tetap diperhitungkan dalam desain sistem, yaitu : kelayakan teknik (technical feasibility), kelayakan ekonomi (economic feasibility), kelayakan hukum (law feasibility atau legal feasibility), kelayakan operasi (operational feasibility), dan kelayakan skedul (schedule feasibility).

1 komentar:

  1. wah sip ni blognya..thnks....bwt infonya,...bls di muhammadofthekeys@yahoo.co.id...each..,,

    BalasHapus