1.12.2010

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN MODUL 5 (KAMUS DATA)

EVALUASI : MODUL 5 (KAMUS DATA)

KELOMPOK : III
RENY MARISSA
SEPTINI
TRI ROHANINGSIH
RIKESIA ELDRIA YEZI
NURIYAH FATKHUL JANNAH
TINTUS ARIANTO EDI WIBOWO
MK : SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
JURUSAN : D3 MANAJEMEN INFORMATIKA FMIPA UNRI


Soal :
1. Jelaskan definsi dan kegunaan dari kamus data!
2. Jelaskan hal-hal yang harus dimuat dalam kamus data!
3. buat ilustrasi Penggunaan kamus data untuk menjelasakan arus data di DFD!

Jawaban:
1. Kamus data atau data dictionary atau di sebut juga dengan istilah system data dictionary adalah catalog fakta tentang data dan kebutuhan-kebutuhan informasi dari suatu system informasi. Dengan menggunakan KD, analis system dapat mendefisikan data yang mengalir di system dengan lengkap. KD dbuat pada tahap analisis sistem dan dan digunakan baik pada tahap analisis maupun pada tahap perancangan system. Pada tahap analisis, KD dapat digunakan sebagai alat komunikasi antara analis system dengan pemakai system tentang data yang mengalir di system, yaitu tentang data yang masuk di system dan tentang informasi yang dibutuhkan oleh pemakai system. Pada tahap perancangan system, KD digunakan untuk merancang input, merancang laporan-laporan dan database.

2. KD harus dapat mencerminkan keterengan yang jelas tentang data yang dicatatnya oleh karena itu KD harus memuat hal-hal sebagai berikut:
1. Nama arus data
Karena KD dibuat berdasarkan arus data yang mengalir di DAD, maka nama dari arus data juga harus dicatat di KD, sehingga mereka yang membaca DAD dan memerlukan penjelasan lebih lanjut tentang suatu arus data tertentu di DAD dapat langsung mencarinya dengan mudah d KD.
2. Alias
Alias atau nama lain dari data dapat di tuliskan bila nama lain ini ada. Alias perlu di tulis karma data data yang sama mempunyai nama yang berbeda untuk orang atau departemen satu dengan yang lainnya.
3. Bentuk data
Telah diketahui bahwa arus data dapat mengalir :
- dari kesatuan luar ke suatu proses, data yang mengalir ini biasanya
tercatat disuatu dokumen atau formulir;
- hasil dari suatu proses ke kesatuan luar, data yang mengalir ini biasanya
terdapat di media laporan atau query tampilan layar atau dokumen hasil
cetakan komputer;
- hasil suatu proses ke proses yang lain, data yang mengalir ini biasanya
dalam bentuk variabel atau parameter yang dibutuhkan bleb proses
penerimanya.
- hasil suatu proses yang direkamkan ke simpanan data, data yang mengalir
ini biasanya berbentuk suatu variable
- dari simpanan data dibaca oleh suatu proses, data yang mengalir ini
biasanya berupa suatu field (item data).
Dengan demikian bentuk dari data yang mengalir dapat berupa:
• dokumen dasar atau formulir;
• dokumen hasil cetakan computer
• laporan terecetak;
• tampilan di layar monitor;
• variabel;
• parameter;
• field.
Bentuk dari data perlu dicatat di KD karma dapat di gunakan untuk mengelompokkan KD kedalam kegunaanya sewaktu perancangan system. KD yang mencatat data yang mengalir dalam bentuk dokumen dasar atau formulir akan di gunakan untuk merencang bentuk input system. KD mencatat data yang mengalir dalam bentuk laporan tercetak dan dokumen hasil cetakan computer akan di gunakan untuk merencang output yang di hasilkan oleh system. KD yang mencatat data yang mengalir dalam bentuk tampilan dilayar monitor akn di gunkan juga untuk merancanng tamplan layar yang akan di hasilkan oleh system. KD yang mencatat data yang mengalir dalam bentuk parameter dan variable akan di gunaknan untuk merancang proses dari program. KD yang mencatat data yang mengalir dalam bentuk dokumen, formulir,laporan,dokumen cetakan computer , tampilan di layar monitor, variable dan field akan di gunakan untuk merancang database.

4. Arus data
Arus data menunjukan dari mana data mengalir dan kemana data akan menuju. Keterangan arus data ini perlu dicatat di KD supaya memudahkan mencari arus data ini di DFD.

5. Penjelasan
Untuk lebih memperjelaskan lagi tentang makna arus data yang di catat di KD, maka bagian penjelasan dapat di isi dengan keterngan-keterangan tentang arus data tersebut.

6. Periode
Periode ini menunjukan kapan terjadinya arus data ini. Periode perlu dicatat di KD karena dapat di gunakan untuk mengindentifikasikan kapan input data harus dimasukkan kesistem, kapan proses dari program harus dilakukan dan kapan laporan-laporan harus di hasilkan.

7. Volume
Volume yang perlu di catat di KD adalah tentang volume rata-rata dan volume puncak dari arus data. volume rata-rata menunjukan banyaknya rata-rata arus data yang mengalir dalam satu periode tertentu dan volume puncak menunjkukan volume yang ter banyak. Volume ini di gunakan untuk mengidentifikasiakan besarnya simpanan luar yang akan di gukan, kapasitas dan jumlah dari alat input, alat pemroses dan alat output.

8. Struktur data
Struktur data menunjukan arus data yang di catat di KD ter diri dari item-item data apa saja.


3. Kamus Data


Gambar : DFD level 0 Sistem Informasi Ekspor dan Impor Hortikultura


. Kamus Data (Data Dictionary)
Kamus data diambil berdasarkan proses yang paling rinci. Selanjutnya mengindentifikasikan setiap field atau file dari masing-masing arus data yang mengalir dari entitas ke proses dan sebaliknya sehingga terdapat tabel-tabel kamus data sebagai berikut :


Tabel 1.1 Kamus Data Pegawai


Tabel 1.2 Kamus Data Komoditi


Tabel 1.3 Kamus Data Pelanggan


Tabel 1.4 Kamus Data Ekspor



Tabel 1.5 Kamus Data Pemasok


Tabel 1.6 Kamus Data Impor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar